web tracker
cara menggunakan tradingview

Langkah dan Cara Menggunakan Tradingview untuk Pemula

Trading membutuhkan kemampuan untuk menganalisis pergerakan harga suatu aset menggunakan analisis teknis. Namun, pedagang pemula mungkin merasa ini sulit dilakukan karena mereka tidak benar-benar memahami seluk-beluknya. Selanjutnya, kumpulkan data dan terjemahkan ke dalam gambar.

Untungnya, di era internet saat ini, trader dapat menggunakan alat yang disebut Tradingview untuk menganalisis harga aset dari sudut pandang teknis. Namun, bagaimana alat ini bisa digunakan untuk trader pemula?

Ketahui Manfaat,Dan Cara Menggunakan Tradingview

Nah, jika Anda salah satu trader pemula, mari pelajari Cara Menggunakan Tradingview di artikel ini!

Cara menggunakannya pun cukup simpel, kamu harus mengunjungi situs Tradingview untuk mulai menggunakannya.

Selanjutnya, kamu bisa mengklik tombol “Chart” (yang berada di kotak berwarna merah) untuk memilih data harga beberapa kelas aset. Di sini, kamu bisa memilih data harga saham, imbal hasil obligasi pemerintah AS, dan seluruh kelas aset seperti emas, Bitcoin, indeks S&P 500, dan Ethereum, lho!

Apa itu Tradingview?

Tradingview adalah platform berbasis browser yang menampilkan grafik dan tren harga untuk berbagai alat investasi. Sebagai pemula, Anda juga dapat menggunakan platform ini untuk mendengarkan strategi perdagangan pengguna lain atau membagikan analisis Anda sendiri melalui siaran langsung.

Platform ini berguna untuk semua level trader, pemula dan lanjutan. Daftar dasar Tradingview untuk pemula sangat membantu. Saat Anda lebih andal dalam menganalisis tren menggunakan indikator yang berbeda, Anda masih bisa mengandalkan platform ini, Sobat Cuan.

Tradingview diluncurkan pada 2011 di Ohio dan memiliki lebih dari 8 juta pengguna. Di sini, Anda dapat menganalisis berbagai penerbit, komoditas, cryptocurrency, dan lainnya dengan akun premium atau gratis sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda memiliki strategi dan model perdagangan, Anda dapat mempostingnya ke komunitas. Berinteraksi dengan komunitas ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan Anda, serta mengujinya melalui back-testing.

Manfaat Tradingview untuk pemula

Saat Anda baru mengenal dunia perdagangan, Anda mungkin belum mendaftar untuk aplikasi analisis “jelas” seperti Stasiun Bloomberg. Pedagang pemula mungkin ragu untuk mendaftar ke aplikasi karena jarang digunakan, sulit dipahami, dan biaya berlangganannya tinggi.

Nah, itulah mengapa Tradingview ada di sini. Mereka menyediakan akses bagi semua pedagang untuk melakukan analisis teknis dengan mudah. Namun, sebelum menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerjanya agar tidak takut dengan kerumitan grafik, tabel, dan indikator, bukan?

Kelebihan TradingView untuk pemula

Platform ini sangat berguna terutama bagi Anda yang menyukai analisis teknikal atau baru mempelajarinya. Salah satu keuntungan utama adalah Anda tidak perlu menginstal perangkat keras tambahan. Anda dapat mengaksesnya langsung melalui browser dan kustomisasi Anda dapat langsung membantu Anda dalam mengambil keputusan investasi.

Selain itu, platform ini juga dapat diakses secara gratis untuk pemula. Tentu saja ada fitur yang bisa Anda akses lebih banyak jika Anda membayar biaya berlangganan. Namun sebagai permulaan, opsi yang disajikan sudah lengkap.

Selain itu, TradingView untuk pemula juga dapat digunakan untuk mengatur pengingat tanpa harus membuka aplikasi online. Jadi, ketika Anda memilih momen tertentu, aplikasi TradingView tetap mengirimkan peringatan meskipun Anda membuka aplikasi lain.

Anda juga dapat menguji strategi Anda menggunakan opsi back-testing. Fitur ini ada di dalam aplikasi, lho.

Ini poin terpenting, Anda bisa memilih aset yang akan Anda perhatikan dengan baik. Anda tidak hanya dapat menganalisis cryptocurrency, saham, indeks, dan komoditas melalui platform ini

Kekurangan TradingView

Komunitas yang akan Anda temukan di Tradingview sangat beragam. Sangat menarik untuk mendengar strategi dan konsep orang lain dan beberapa tips mungkin bisa membantu. Tetapi Anda harus berhati-hati mengingat bahwa strategi ini seringkali hanya tebakan.

Jika Anda adalah pengguna platform gratis, layanan pelanggan Tradingview mungkin menjadi masalah bagi Anda. Mereka tidak terlalu mendukung pengguna gratis, jadi Anda harus beralih ke pengguna berbayar jika ingin menggunakan fitur ini.

Selain itu, masalah seperti terbatasnya jumlah broker yang bekerja sama dan data pasar modal yang tidak akurat sering dilaporkan oleh pengguna.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Tradingview untuk pemula, Anda dapat memanfaatkan platform ini dengan lebih baik untuk meningkatkan keterampilan trading Anda. Jadi, apakah Anda siap untuk berdagang?