web tracker
cara trading crypto

Cara Trading Crypto Harian bagi Pemula yang Aman

Trading Crypto Dunia investasi saat ini berkembang pesat. Instrumen investasi tidak terbatas pada produk logam mulia, saham dan reksa dana saja. Padahal, di dunia digital saat ini sudah ada investasi berbasis blockchain atau yang sering disebut dengan crypto. Kebanyakan orang mungkin pernah mendengar istilah Bitcoin, Dogecoin, atau Ethereum sebagai produk kripto.

Sayangnya, pemahaman tentang jenis investasi baru ini masih minim. Informasi masih terus berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini menyulitkan pemula yang ingin belajar dan memulai trading cryptocurrency ini.Dari belajar tentang trading cryptocurrency hingga tips trading untuk pemula. Yuk, baca terus artikel ini!

Aktivitas trading sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang karena trading saham forex. Jenis sistem perdagangan ini juga berlaku untuk produk kripto, satu-satunya perbedaan adalah objeknya. Dalam perdagangan cryptocurrency, targetnya adalah cryptocurrency. Saat memperdagangkan mata uang kripto, Anda harus memahami risikonya dan bersiap menghadapinya. Pasalnya, dapat dikatakan bahwa perdagangan cryptocurrency sangat fluktuatif dan berisiko tinggi. Seperti prinsip umum investasi, perdagangan cryptocurrency dikategorikan sebagai risiko tinggi dan pengembalian tinggi.

Sebelum mengetahui cara trading cryptocurrency untuk pemula, apa sebenarnya trading cryptocurrency itu? Trading itu sendiri adalah kegiatan jual beli. Dalam hal ini, trader membeli pada harga yang lebih rendah dan menjual pada harga yang lebih tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sementara itu, crypto adalah elemen perdagangan dalam bentuk cryptocurrency. Oleh karena itu, saat memperdagangkan mata uang kripto, Anda mendapatkan keuntungan dari perbedaan antara harga beli dan jual.

Perbedaan Investasi dengan Trading Crypto

Berinvestasi dan sebenarnya trading seringkali merupakan hal yang berbeda. Perbedaan ini bisa dilihat dari segi durasi dan risiko yang Anda hadapi. Umumnya, jika seseorang memilih untuk berinvestasi dalam cryptocurrency, mereka akan ditahan untuk waktu yang lama. Di sisi lain, ketika seseorang terlibat dalam aktivitas perdagangan cryptocurrency, jangka waktunya lebih pendek asalkan menguntungkan pedagang.

Berinvestasi atau berdagang dalam cryptocurrency dikenal dengan volatilitas tinggi dan risiko tinggi. Namun, setelah diperiksa lebih dekat, berinvestasi dalam mata uang digital kurang berisiko daripada memperdagangkan mata uang kripto. Ini karena investor hanya memegang aset untuk jangka waktu yang lama sampai mereka mendapat untung. Oleh karena itu, perubahan harga harian tidak terlalu penting. Hal ini berbeda dengan trading cryptocurrency jangka pendek yang memanfaatkan pergerakan harga pada time frame harian atau per jam, sehingga risikonya lebih tinggi.

Jenis Cryptocurrency Terbaik 2022

Saat ini ada ratusan bahkan ribuan cryptocurrency yang beredar di pasar crypto, masing-masing dengan nilai jual yang berbeda. Namun, beberapa koin terbaik menjadi incaran investor atau trader cryptocurrency karena harganya yang meroket sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Nah, metode trading cryptocurrency untuk pemula yang bisa diterapkan adalah dengan mencoba trading cryptocurrency pada beberapa mata uang terbaik agar lebih aman dan memiliki prospek serta fundamental yang baik.

Bitcoin (BTC)

Bitcoin (BTC) adalah jenis cryptocurrency yang legendaris dan paling populer. Di dunia cryptocurrency, Bitcoin sering dijadikan sebagai tolak ukur naik turunnya harga cryptocurrency lainnya. Harganya terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada awal perilisannya, harga bitcoin bahkan belum mencapai 1 dollar AS di tahun 2010. Kini harga bitcoin sudah menyentuh angka rupee. 713.747.456 pada awal Desember 2021. Meskipun telah mengalami penurunan nilai berganda, Bitcoin masih menjadi impian banyak orang. Apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu pemilik koin termahal ini?

Ethereum (ETH)

Ethereum Coin (ETH) kini dikenal sebagai aset kripto yang sering digunakan sebagai metode pembayaran non-fungible token (NFT). Ethereum memiliki kontrak pintar yang dapat dieksekusi secara otomatis tanpa perlu pengawasan. Selain itu, banyak proyek menarik sedang dibuat menggunakan jaringan cryptocurrency Ethereum. Saat ini, Ethereum memiliki kapitalisasi pasar sebesar $300 miliar, dengan satu koin dihargai sekitar Rs. 36.242.380.

Binance (BNB)

Selain memiliki pasar cryptocurrency, Binance juga mengembangkan mata uang digital yang disebut Binance Coin (BNB). Saat ini, Binance dapat digunakan untuk perdagangan, pemrosesan pembayaran, dan reservasi perjalanan. Selain itu, Binance dapat ditukar dengan jenis cryptocurrency lain seperti Bitcoin dan Ethereum. Pada Februari 2022, Binance Coin dapat dibeli dengan harga yang lebih menguntungkan sekitar Rp 5.072.723. Ini bisa menjadi pilihan trading cryptocurrency bagi pemula yang ingin trading jenis koin terbaik dengan modal paling sedikit.

Tether (USDT)

Kita juga tahu bahwa fluktuasi nilai mata uang kripto tidak berpengaruh pada nilai tukar dolar AS. Namun berbeda dengan Tether (USDT) karena nilai asetnya mempengaruhi perubahan nilai tukar dolar AS. Alhasil, Tether juga dikenal sebagai stablecoin atau cryptocurrency yang lebih stabil karena mengacu pada nilai tukar dolar AS. Bagi Anda yang sedang menjajaki cara trading cryptocurrency untuk pemula tanpa merasa kapalan, Anda bisa memilih Tether coin.

Cara Trading Crypto bagi Pemula

Sama seperti alat investasi lainnya, ketika Anda ingin berdagang cryptocurrency, itu harus dilakukan di pasar crypto atau pertukaran cryptocurrency. Nah, pertukaran cryptocurrency adalah platform yang mengawasi proses perdagangan cryptocurrency. Anda dapat memantau jenis cryptocurrency apa yang menang atau kalah. Di Indonesia, bursa kriptocurrency belum tersedia secara resmi, namun Kementerian Perdagangan berencana untuk mendirikan bursa kripto dalam waktu dekat karena banyaknya transaksi kripto dalam beberapa tahun terakhir.

Tenang saja, bagi yang ingin memulai trading cryptocurrency, ada banyak platform trading (pasar) yang tersedia untuk memudahkan transaksi. Contohnya bursa cryptocurrency ternama di Indonesia, Indodax dan Tokocrypto. Penasaran bagaimana cara trading cryptocurrency untuk pemula dengan dua platform ini? Agar lebih mudah, mari kita pelajari di bawah ini!

Trading Crypto di Indodax

Indodax adalah salah satu bursa cryptocurrency terbesar di Indonesia, didirikan pada tahun 2014. Indodax adalah pasar crypto terpercaya karena secara aktif melayani lebih dari 4 juta anggota. Di sini, Anda dapat melihat ratusan cryptocurrency yang dapat diperdagangkan. Bagaimana cara trading cryptocurrency untuk pemula dengan Indodax?

  1. Akses situs web Indodax atau unduh aplikasi Indodax melalui ponsel Anda.
  2. Mendaftar menjadi member Indodax dengan membuat email dan password.
  3. Lengkapi data diri Anda dan masukkan nomor KTP/SIM/KITAS, tanggal lahir dan data kontak darurat;
    Mengunggah selfie dengan dan tanpa KTP.
  4. Tunggu proses verifikasi akun dikirim ke email Anda untuk mengonfirmasi bahwa data yang diunggah sudah benar.
  5. Setelah verifikasi selesai, Anda dapat melakukan deposit Indodax untuk membeli cryptocurrency.
  6. Pilih jenis cryptocurrency yang Anda inginkan. Pastikan untuk membeli cryptocurrency dengan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi.

Trading Crypto di Tokocrypto

Tokocrypto adalah pasar crypto yang didukung langsung oleh Binance, pertukaran aset crypto global dan pengembang blockchain. Sebagai pasar utama, Tokocrypto resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan pasar crypto pertama yang terdaftar di lembaga pemerintah Indonesia di bawah naungan Kementerian Perdagangan. Jika Anda ingin tahu cara trading cryptocurrency untuk pemula di Tokocrypto, mari kita lihat di bawah ini.

  1. Akses ke situs Tokocrypto atau unduh aplikasi melalui ponsel
  2. Klik tombol Daftar dan kemudian masukkan email dan kata sandi Anda
  3. Buka email, klik link verifikasi
  4. Masukkan nomor ponsel untuk mengirim kode OTP melalui SMS
  5. Masuk dan buka halaman utama akun Tokocrypto
  6. Pilih menu Profil, klik Otentikasi Profil PertamaLengkapi ID Anda dengan KTP/SIM/Paspor
  7. Unggah foto pribadi dengan dan tanpa KTP
  8. Deposit Tokocrypto Pilih aset kripto yang ingin Anda beli.